Minggu, 15 Juli 2012

PRA-MOS dan MOS

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam kegiatan MOS dan PRAMOS di sekolah baru saya, SMAN 1 Banjarbaru. Awalnya jujur, ada perasaan takut dan deg-degan juga, karena saya tahu MOS SMP itu beda dengan SMA. Di setiap benak teman-teman saya juga terpikir bahwa MOS itu kegiatan yang menakutkan karena pasti disuruh kakak-kakak senior. Tapi, MOS di sekolah saya ini ternyata memberikan kesan yang sangat jauh dari kata menakutkan, malahan dibuat sedemikian menyenangkan dan tidak membosankan. MOS juga jadi kali pertama saya potong rambut SKI 1, tapi tenang, jangan dijadikan beban, rasanya lucu juga lihat kepala yang sama dengan teman-teman yang lain (hihi).

PRAMOS, Senin, Hari Pertama
Hari pertama dari rangkaian kegiatan siswa baru ini dinamakan PRAMOS. Di SMANSA kalau MOS ada peraturan untuk datang pagi, jadi saya pukul setengah 6 sudah bangun dan siap-siap. Berangkatnya sendiri jam setengah 7 kurang, naik angkot atau diantar karena saat MOS dilarang membawa motor. Sampai di sekolah kita langsung diabsen di depan pagar sekolah, dan langsung dikumpulkan ke tengah lapangan untuk pembagian gugus. Waktu itu kedapatan Gugus 4 dengan kakak PK kak Imantoko dan Kak Ulfi yang asik-asik.

Setelah acara pembagian gugus, acara dilanjutkan di aula dengan pemberian materi, seharian PRAMOS ini memang cuma pemberian materi dari guru atau tamu undangan. Sekitar jam 2 diperbolehkan pulang dengan tugas. Awalnya memang agak kaget karena tugas yang diberikan banyak banget, yaitu disuruh mencari BIODATA kakak-kakak PL inti dan kakak PK + PL yang bukan inti.

Perbedaan dari kakak PL dan PK. Kakak PL (Pendamping Lapangan) itu kakak-kakak kelas XII, sedangkan kakak PK (Pendamping Kelas) itu kakak-kakak kelas XI, kecuali kakak-kakak Sekbid 5 (Jadi walaupun kelas XI, tetap masuk PL karena Sekbid 5 lah yang mengadakan dan mengkoordinasi kegiatan MOS). Selain tugas Biodata yang sejibun, kita disuruh mencari foto kakak PK/PL yang mirip dengan kita. Alhamdulillah ini lebih simple karena kartu peserta tahun ini sudah dibuatkan kakaknya, sedangkan tahun lalu disuruh bikin sendiri. Jangan lupa, kalau mengambil foto kakaknya harus minta ijin. 


Jadi sepulang sekolah, langsung ke toko stationary dan supermarket untuk mencari peralatan yang disuruh. Setelah itu balik ke rumah, dari jam 3 sampai jam 12 malam saya belum selesai melengkapi biodata kakaknya. Sebenarnya mudah mencari biodata kakak-kakaknya di Facebook atau Twitter, tapi harus ada tempat tanggal lahir, jadinya harus minta langsung ke kakaknya dan minta ijin buat ngambil foto karena tugas biodatanya disuruh pakai foto.


Hari Pertama MOS, Selasa
Karena endak tahan lagi, akhirnya saya memutuskan untuk tidur dan dilanjutkan subuh, triknya saya mengumpulkan data-datanya dulu di malam hari, subuh baru ditulis dan ditempel foto-fotonya. Sayangnya punya saya endak berhasil selesai karena ada satu foto yang endak ke-download, jadi diikhlasinlah dengan segala konsekuensi yang penting sudah mengerjakan.

Pergi ke sekolah jam setengah 7 lagi karena kalau telat ada sanksi beratnya, dan atribut harus lengkap. Hari pertama MOS itu hari yang sangat melelahkan karena hari itu PBB 6 jam dari pagi (seriusan). Sayangnya saya malah muntah kalau makan pagi, jadi cuman minum 5 gelas (seriusan). Pokoknya buat adek-adek tahun depan yang membaca ini harus makan! FIX.


Kegiatan PBB secara garis besar berpanas-panasan PBB bersama bapak tentara selama 4 jam itu (seriusan ingat seleksi Banua). 


Acara pertama, karena hari ini hari pertama MOS, ada apel pembukaan dan juga pemeriksaan atribut. Setelah itu barulah kegiatan PBB yang melelahkan. Dari jam 8 sampai 12 kita latihan nonstop. Alhamdulillah saya berhasil bertahan walau memang penat karena kaki terlalu lama berdiri. Bapak tentaranya juga baikan, kata beliau kalau benaran endak sanggup ya bilang, boleh istirahat. Yang bikin saya salut, kakak-kakak PK kami bersedia mengipasi kami selama PBB ini berlangsung sambil panas-panasan, terima kasih kak.

Jam 12 Ishoma (Istirahat Sholat Makan) setengah jam. Pas kegiatan makan harus bawa alat makan sendiri, dan kita makannya ala-ala tentara pakai duduk siap, badan tegap, endak boleh bunyi. Setelah ishoma, ada waktu sebentar, waktu ini harus dimanfaatkan buat minta tanda tangan kakak-kelasnya (PK dan PL) dan ini WAJIB. Alhamdulillah dapat 8 sih dan endak ada tuh kakak-kakak yang nyuruh-nyuruh.

Tiba-tiba hujan lebat dan mau endak mau kami belajar PBB lagi di aula selama 1 jam, setelah itu ternyata hujan reda dan kami disuruh PBB lagi di lapangan sekitar 1 jam. Pokoknya sangat melelahkan, tapi berkesan.

Selesai PBB, kita disuruh masuk kelas gugus masing-masing dan ada tugas lagi yang memang dibagikan setiap hari. Tugasnya disuruh membuat surat cinta menggunakan nama film lengkap dengan cap bibir pakai lipstik merah dan foto dengan pose tangan love. Ada tugas bawa makanan juga. Setelah bagi tugas, ada upacara sebentar dan dipersilakan pulang.


Seperti kemarin, pulang-pulang langsung menjelajah warung-warung pinggir jalan sambil menebak teka-teki makanan yang disuruh membawa, singgah ke toko stationary juga buat beli amplop merah muda buat surat cinta. Sampai di rumah, setelah shalat langsung tidur dan kebangun maghrib. Memang hari pertama MOS ini capeknya endak terbantahkan. 


Sehabis maghrib langsung cus bikin surat cinta, jujur agak jijik juga sebenarnya tapi mau gimana lagi namanya tugas harus dikerjakan.


Hari Kedua MOS, Rabu

Hari ini bangun pukul enam, memang agak kesiangan karena kecapekan. Lalu siap-siap, dan mengecek barang bawaan di tas yang penuh macam-macam. Hari ini disuruh bawa peralatan menanam plus tanaman buat kegiatan Green School MOS. Sampai di sekolah diabsen, dan seperti biasa upacara pagi dan tadarus di kelas gugus. 

Kami digiring menuju lapangan untuk kegiatan Green School MOS tadi. Setiap gugus dibagi kelompoknya untuk membawa jenis tanaman. Kami disuruh menanam bunga Boegenfil di pot, setelah itu disuruh membersihkan lingkungan sekolah, pokoknya benar-benar Green School Activity deh, endak kalah capek dengan kegiatan PBB kemarin.


Setelah Green School, kami dikumpulkan di Aula untuk pemberian materi dan briefing games. Di setiap gugus sudah dibagi orang-orang yang ikut games. Kali ini saya ditunjuk untuk ikut Games Adventure bersama Anita yang hanya memerlukan 2 pemain.

Singkat cerita, dimulailah games perjuangan yang menguras keringat. Pertama kami disuruh ngumpul di resepsionis dan diberi petunjuk pertama, di petunjuk itu ada teka-teki lokasi sekolah. Nah di lokasi sekolah itu tadilah ada petunjuk berikutnya. Pokoknya mencari petunjuk terus menerus, sampai ditemukan bendera, bendera itu harus ditancapkan ke tempat di resepsionis, yang pertama menancapkan benderanya, itulah pemenangnya.

Petunjuk pertama, tempat investasi laki-laki. Kami langsung lari ke WC laki-laki, dan memang ada petunjuk disana. Petunjuk berikutnya jendela dunia, perpustakaan. Kami tunggang langgang ke perpus yang jaraknya berjauhan, waktu itu cuacanya panas dan bikin capek luar biasa mencari petunjuk kesana kemari. Petunjuk berikutnya ke ruang Biologi, terus ke ruang Bahasa Jerman. Badan udah kurus begini kelihatannya memang disuruh tambah kurus lagi, pasalnya naik tangga turun terus naik lagi itu melelahkan sekali. Alhamdulillah kali ini kelompok kami pertama kali dapat petunjuk di ruang Jerman, disana ada petunjuk DA motor orang, larilah lagi ke lahan parkir sekolah, pokoknya lari kesana kemari membawa alamat (?).

Petunjuk berikutnya rumah penjaga, pasti pos satpam. Tapi awalnya di pos satpam endak ada apa-apa, endak ada orang juga, jadinya kami langsung mikir pasti bukan di pos satpam, dan kami nyari kelain. Beberapa saat kemudian, tetap endak ada walaupun kami nyari kemana kemari, dan ternyata sudah ada yang menancapkan bendera.

Dan benar aja ternyata analisis kami, rumah penjaga itu pos satpam, tapi kami keduluan datang daripada kakak-kakak yang bakalan menanyai kami kalau sudah sampai disana. Agak kesal awalnya tapi kita play fair lah, jadinya ya ikhlasin ajalah, cuma games juga. Maaf buat gugus 4, kami enda berhasil membawa kemenangan games adventure. Walaupun melelahkan dan mandi keringat sendiri (asli), tapi games ini asik banget, melatih analisis dan mampu mengenali sekolah.

Setelah games, ishoma. Saya masih kecapekan karena games tadi, jadi endak mencari tanda-tangan terlalu banyak. Kasihan juga sih sebenarnya sama kakak-kakaknya, kasihan dikerubungin hihi. Setelah waktu ishoma berakhir, kami latihan pensi untuk besok. Gugus 4 sekelompok dengan gugus 2. Setelah latihan sebentar, kami dibolehkan pulang dengan bekal tugas makanan (lagi) dan membuat properti untuk pensi. Pulang-pulang seperti biasa ke warung makanan dan toko stationary buat beli peralatan dan tugas.

Hari Ketiga MOS, Kamis.
Hari ini saya bangun kesiangan. Saya pokoknya benar-benar bahagia karena ini hari terakhir. Saya langsung turun dari kasur dengan semangat membara, hari ini pensi gugus 2 dan 4 harus juara!

Sampai sekolah seperti biasa, upacara pagi, tadarusan, dan ada pemberian materi. Setelah itu latihan pentas seni sampai ishoma. Jujur, saya yakin-yakin aja menang karena kakak-kakak PL banyak yang berdatangan ke ruangan kami buat menonton yel-yel asik kami hihi.


Setelah Ishoma, kami pensi dengan urutan ketiga, walaupun gerimis, kami harus tetap semangat, pokoknya hari ini pede tingkat atas, endak ada muka, no problem. Yang penting total dan enjoy the moment xD. 


Rencananya memang hari ini hari terakhir MOS, tapi karena hujan lebat, ada agenda MOS lagi yang diundur menjadi besok. Jadi penutupannya juga diundur besok. Ya endak apa-apa sih karena besok tinggal penutupan juga. No tugas, dan endak ada mampir ke warung-warung lagi sepulang sekolah hihi.


Hari Keempat MOS, Jum'at

Hari ini agak males bangun dari kasur, karena takut jangan-jangan besok masih MOS hihi #bercanda. Sampai di sekolah, ternyata kita bersih-bersih lagi, lumayan lama bersih-bersihnya, dan melelahkan, tapi endak apalah. Sehabis bersih-bersih ada acara penutupan. Layaknya acara penutupan, biasalah ada pidato penutupan dari Bapak Kepala Sekolah.


Setelah penutupan, ada pengumuman juara Games, Alhamdulillah ternyata gugus 4 juara games Balon, dan juga gugus 4 kolaborasi gugus 2 menang lomba yel-yel! Congratulations!


Singkat cerita, ternyata ada yang bikin shock therapy hari ini yaitu bagi kelas. Jujur, deg-degan tingkat internasional, karena ini adalah salah satu moment penting bagi saya untuk satu tahun kedepan. Dan ternyata sekelas sama Farida dan Octa, teman sekelas dari SMP, terus ada Khonsa juga yang pintarnya Subhanallah. 

Setelah bagi kelas selesai, ada acara maaf-maafan dari kami ke kakak Panitia dan Dewan Guru. Kami disuruh memberi kartu peserta ke kakak kelas terbaik, saya memberikannya ke kak Vina, kakak yang juga saya kirimi surat cinta, karena kakaknya baik, endak segan membantu, dan murah senyum.

Alhasil, sudah selesai kegiatan MOS yang sangat menguras air mata keringat. Pokoknya MOS ini sangatlah berkesan dan merupakan salah satu kegiatan yang tidak akan saya lupakan seumur hidup. Ucapan terima kasih untuk kakak-kakak PK dan PL. Terima kasih kak :D

Tidak ada komentar: