Minggu, 15 Juli 2012

PRA-MOS dan MOS (Warning, Sangat Panjang)


Saya akan menceritakan kegiatan MOS dan PRAMOS di sekolah baru saya, SMAN1 Banjarbaru. Awalnya pasti terfikir bahwa MOS itu kegiatan yang menakutkan, kalau di Smansa Banjarbaru, dijamin bermanfaat dan menyenangkan. Oh iya, WAJIB dibaca sampai habis (terserah aja sih) hihi.

 Hari Pertama (Senin)
Ok, jadi saya akan menceritakan kegiatan MOS dengan lengkap. Jadi, hari pertama itu Pra MOS dulu, pukul setengah enam saya sudah bangun (akhirnya bisa bangun lebih pagi lagi), setelah itu langsung siap-siap pergi ke sekolah, jam setengah tujuh langsung berangkat ke sekolah, jalan masih sepi. Sampai disekolah langsung di absen dan lalu dikumpulkan ketengah lapangan untuk bagi-bagi gugus, saya kedapatan gugus 4, bareng teman-teman yang baik-baik, kakak panitia kelasnya kak Imantoko yang asik dan kak Ulfi yang  juga Asik.

Setelah itu kegiatan PRA MOS Cuma diberi materi-materi oleh guru, sekitar jam 2 diperbolehkan pulang, awalnya agak kaget karena banyak banget dikasih tugas, salah satunya disuruh membuat BIODATA kakak-kakak PL inti dan kakak pK + Pl.
Jadi, bedanya kakak PL dan PK, kakak PL (pendamping lapangan) itu kakak kelas 12 sedangkan kakak PK (pendamping kelas) itu dari kelas 11 kecuali kakak-kakak yang tergabung di Sekbid 5 OSIS (jadi walaupun kelas 11 tapi masuk sekbid 5 ya jadi panitia lapangan). Nah tugas yang lain itu disuruh cari makanan lalu ada lagi dibagikan kartu peserta, jadi tahun ini lebih ringan dari pada tahun kemarin, karena sudah dibuatkan kartu peserta, tapi sayangnya harus dilengkapi foto kakak PL yang mirip dengan kita, saya minta izin dulu minta foto kakaknya, karena tak enak kalau hanya mengambil dan memakai foto kakaknya

Hari 2 (Selasa)
Oke jujur aja, malam Senin itu saya tidurnya pukul setengah 12 mencari biodata kakaknya, dilanjutkan SUBUH. Sebenarnya mudah aja nyari bio kakak-kakaknya tapi wajib ada Tempat lahirnya, sedangkan  mencari tempat lahir itu susah.

Oke, jadi saya berhasil selesai, tapi pas mau menempelkan foto kakaknya (ngambil di fb kakaknya) eh ada 1 yang gak ke download, yaudah saya ikhlasin kurang 1, hihi.

Ke sekolah jam setengah7 (enggak boleh terlambat, karena dapat hukuman), enggak boleh juga atributnya endak lengkap).
Hari pertama bisa dibilang hari paling melelahkan, saya saja tidak ada makan sama sekali, perlu digaris bawahi, TIDAK ADA. Padahal kegiatan hari ini adalah berpanas-panasan selama 6 JAM PBB dengan bapak-bapak tentara (jadi ingat Banua T_T)

Oke, jadi menurut saya, memang salah saya endak makan pagi, tapi untung saya MINUM 5 GELAS besar (serius, eh limarius), perut kembung.

Acara pertama apel pembukaan dan diperiksa perlengkapan-perlengkapan kami (untung lengkap, terima kasih). Setelah itu dimulailah kegiatan yang paling menyiksa (bohong)

Jadi sekitar 4 jam, kami dilatih dan Alhamdulillah, saya bertahan, walau sakit sih kaki terlalu lama berdiri, bapak tentaranya juga baik, katanya boleh istirahat kalau capek. Saya salut banget sama kakak-kakak PK yang mau mengipasi kami yang juga ikut berpanas-panasan, terima kasih kak, maaf merepotkan.

Jam 12 Ishoma (Istirahat Sholat Makan), jadi pas makan ini harus bawa alat makan sendiri, lalu harus habis dan pokoknya 100 persen kayak seleksi Banua kemarin. Setelah ishoma, harus minta tanda tangan, hari pertama dapat 8 tanda tangan, dan Alhamdulillah endak ada yang nyuruh-nyuruh, Terima kasih banyak kak :)

Waktu itu hujan lebat, padahal masih 2 jam lagi harus PBB, alhasil kami belajar PBB selama 1 jam di AULA, lalu hujan berhenti dan Pbb lagi di lapangan.

Setelah selesai PBB, masuk kelas lagi, dibagi tugas lagi, tugasnya bikin Surat cinta lengkap dengan cap bibir. Lalu bawa makanan juga

Pulang-pulang, menjelajah warung-warung pinggir jalan sambil berfikir apa yang dimaksud dengan ini itu dan bla//bla//

Akhirnya saya bisa tidur pukul setengah 10 T-T perjuangan berat dengan meminjam lipstick ortu (haha), saya mengirimnya ke Kak Vina, karena kakaknya baik sekali, banyak membantu dan memberi informasi seputar Mos dan lain-lain, terima kasih banyak kak :D

Hari ketiga (Rabu)
Hari ini bangun pukul enam (kesiangan), siap-siap, hari ini tas penuh bawa macam-macam. Lalu langsung ke Sekolah, di SMA seperti biasa upacara pagi, setelah itu baca Al-Quran.
Setelah baca Al-Quran bersama, kami digiring menuju lapangan. Bersama kelompok 2, yang sudah terlebih dahulu dibagi kakak-kakaknya untuk mengadakan program Green School.

Jadi kami disuruh menanam tanaman, kami kebagian bunga Boegenfil. Setelah menanam tanaman, kami lalu disuruh membersihkan lingkungan sekolah, ya sebenarnya hari ini tak kalah capek dengan hari-hari sebelumnya (fakta)

Setelah itu kami diberikan materi, setelah diberi materi, setiap gugus dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memainkan games-games dari kakak-kakak panitia, saya se-partner dengan Anita untuk memainkan games adventure (hanya memerlukan 1 pemain).
Singkat cerita, akhirnya dimulailah perjuangan yang menguras darah dan keringat. Kami dibagi petunjuk, nah petunjuk itu menunjukkan suatu lokasi di lingkungan sekolah, dilokasi itu ada petunjuk ke lokasi berikutnya, lokasi terakhir itu ada bendera, nah bendera itu harus ditancapkan ke tempatnya, yang pertama kali menancap, yang menang.
Petunjuk pertama : Tempat investasi laki-laki, ya jelas kami langsung terfikir WC laki-laki, kami yang pertama lari kesana, tapi kami yang terakhir dapat petunjuk berikutnya.

Petunjuk berikutnya itu Jendela Dunia (kalau enggak salah), itu perpustakaan, yaudah kami tunggang langgang lari ke perpus, jujur, harinya puanas membara, capek luar biasa lari kesana kemari nyari petunjuk, jadi petunjuk kedua kami hampir terakhiran dapat. Setelah itu nyari lagi petunjuk berikutnya ke ruang biologi, kami pertama kali dapat, petunjuk berikutnya di ruang Jerman/B. Inggris (kalau endak salah), Badan udah kurus kelihatannya memang disuruh tambah kurus lagi, pasalnya naik tangga turun tangga capek banget, jadi singkat cerita kami pertama kali MENDAPAT petunjuk di ruang Jerman/Bahasa Inggris. Jujur aja, sempet seneng setengah hidup. Setelah itu dapat petunjuk DA Motor orang, ya jelas mikirnya di ruang parkir, jhadi kami lari tunggang langgang ke sana kemari.

Di parkiran petunjuknya adalah Rumah penjaga, pasti pos satpam, tapi pas itu di pos satpam endak ada Orang (lillahitaala) endak ada kertas petujuknya juga, ya jelas kami mikirnya bukan di pos satpam.

Pas beberapa menit kemudian, bareng Anita nyari kemana-mana endak ada! Eh ternyata udah ada aja yang nancepin bendera. Kami pun bertanya, ternyata benar, rumah penjaganya itu pos satpam!. Kami agak kesel #sebenarnya bukan kesal sih. Tapi katanya main harus fair, salah kami endak kesana beberapa kali. Yaudah diikhlasin, ini Cuma games juga kok, Maaf buat gugus 4 dan Anita, engga menang games adventure. Tapi asik juga sih, walau capek luar biasa plus disuruh mandi keringat sendiri.

Setelah games, ishoma. Saya sebenarnya malas nyari tanda tangan kakak-kakak panitia karena badan capek luar biasa, jadi saya hanya dapat 4 tanda tangan untung kakaknya baik-baik.

Setelah Ishoma, kami latihan pensi buat besok, sekelompok dengan gugus 2, intinya setelah itu pulang, tapi sebelumnya dikasih tugas makanan dan disuruh bikin property buat pensi.

Jadi pulang-pulang langsung tunggang langgang lagi ke toko stationary dan minimarket. Gerimis-gerimis tapi terbayarkan semuanya hehe :)

Hari keempat (Kamis)
Hari ini bangun kesiangan, sudah loncat-loncat di kasur gara-gara hari ini hari terakhir. Jadinya setelah turun dari kasur, langsung siap-siap dengan semangat membara, hari ini pensi harus juara! (Amin).
Ke sekolah baca Quran lalu diberi materi, setelah diberi materi, latihan pensi sampai Ishoma, capek, tapi Insya Allah menang, karena gugus kami asik-asik dan keren-keren, semua karena kakak panitianya J

Jadi, setelah makan, kami pensi, kami dapat urutan ke tiga, walaupun gerimis, tapi kami tetap semangat, dan entah mengapa saya hari ini bisa pede tingkat atas, padahal saya orangnya paling mudah malu.. hihi

Ya rencananya hari ini kegiatan terakhir MOS, tapi karena hari hujan, diundur jadi besok penutupan MOSnya. Yasudah endak apa-apa, toh besok endak ada yang melelahkan.
Hari kelima (jum’at)
Hari ini jadi males loncat-loncat di kasur, karena jangan-jangan besok masih MOS nih haha.

Di sekolah ternyata bersih-bersih (lagi), capek lah, tapi endak apa-apa. Setelah upacara penutupan, pembagian hadiah buat pensi dan lain-lain.

Jadi pertama yang diumumin itu games balon, dan gugus kami menang! (Congratulation), lalu pengumuman pensi, kami menang! (Congratulation).

Singkat cerita, hari ini bagi kelas, APA BAGI KELAS? Jujur deg-degan tingkat internasional karena ini salah satu momen yang menentukan berhasil atau tidaknya saya.

Dan finally, Alhamdulillah sekelas sama Khonsa, teman terpintar di Banjarbaru (jadu bisa minta ajarin) hihi..

Setelah itu saling maaf-maafan ke kakak panitia dan guru-guru, lalu disuruh memberi kartu peserta ke kakak panitia paling berkesan, saya beri saja ke kak Vina, karena kakaknya baik sekali. Kakaknya juga memberi saya kartu peserta kakaknya, terimakasih kak :D

Alhasil, sudah selesai kegiatan mos yang sangat menguras air mata  keringat, tapi juga sangat bermanfaat dan seru :D

Terimakasih buat kakak-kakak yang rela berpanas-panasan demi kami, terima kasih untuk kakak-kakak yang sudah memberi banyak penjelasan mengenai sekolah, terima kasih banyak kak :D

 

Tidak ada komentar: